IKUTI
  • 5 bulan yang lalu / selamat datang di www.nandawisata.id kami siap melayani anda
Gunung api purba Nglanggeran

Gunung api purba Nglanggeran No ratings yet.

Oleh : adi - Kategori : Objek Wisata
22
Jul 2019

Tidak hanya kaya hendak kebudayaan serta sejarah yang sangat dijunjung besar, Jogja mempunyai kekayaan alam yang sangat bermacam- macam serta melimpah, sebagian dari kekayaan alam tersebut mempunyai keunikan serta nilai historis besar yang menjadikan kekayaan alam tersebut saat ini jadi salah satu destinasi wisata kesukaan serta terbaik di Jogja apalagi di Indonesia, merupakan Gunung Api Purba Nglanggeran, bila kamu belum sempat mencermatinya kamu tentu hendak bingung kenapa gunung tersebut diucap Gunung Api Purba Nglanggeran.

Pada dasarnya Gunung ini merupakan sesuatu gunung api yang sempat aktif semacam gunung- gunung api yang lain, tetapi perihal tersebut terjalin dekat 60- 70 juta tahun yang kemudian tidak aktif lagi, seperti itu kenapa gunung ini diucap gunung api purba sebab memanglah gunung ini ialah aset purba yang dikala ini telah tidak aktif sebab lekang oleh waktu. Bila kamu berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu tidak hendak menjumpai wujud gunung semacam pada biasanya yang berupa kerucut serta mempunyai kawah, tetapi dikala ini mempunyai wujud semacam gugusan bebatuan raksasa besar menjulang yang sudah ditumbuhi sebagian berbagai flora serta ditempati sebagian berbagai fauna didalamnya.

Konon Gunung Api Purba Nglanggeran ini tadinya merupakan gunung yang terletak di dasar lautan, sebab terdapatnya sesuatu fenomena alam tertentu dengan kurun waktu yang sangat lama, zona Gunung Api Purba Nglanggeran ini setelah itu terangkat ke permukaan serta jadi daratan jutaan tahun yang kemudian. Gunung ini mempunyai puncak yang diucap Gunung Gedhe mempunyai ketinggian kurang lebih 700 m diatas permukaan laut serta totalitas zona Gunung Api Purba Nglanggeran ini mempunyai luas dekat 48 hektar.

Ada sesuatu cerita ataupun cerita yang dikala ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Nglanggeran bagi masyarakat setempat berasal dari kata“ nglanggar” ataupun dalam Bahasa Indonesia berarti melanggar. Pada era dulu masyarakat mengundang seseorang dalang kenamaan buat kegiatan syukuran berkat panen yang melimpah, tetapi dikala itu ada sebagian masyarakat yang ceroboh, dikala si dalang berangkat sesaat buat istirahat ada sebagian masyarakat dengan terencana memainkan wayang yang dibawa si dalang, dengan asyiknya mereka bermain wayang sehingga setelah itu wayang tersebut terdapat yang rusak serta ditinggalkan begitu saja. Memandang wayangnya rusak si dalang juga marah serta mencari siapa yang sudah mengganggu wayangnya, setelah itu si dalang juga murka serta mengutuk sebagian masyarakat setempat jadi wayang yang kemudian dibuang di kawasan Bukit Nglanggeran. Entah berkaitan dengan cerita ini ataupun tidak, hingga saat ini sebagian warga setempat meyakini kalau Gunung Api Purba Nglanggeran dilindungi oleh makhluk bernama Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan ialah Semar, Gareng, Petruk serta Bagong.

Tidak hanya itu masih ada teka- teki yang menempel disini, ialah terdapat suatu Kampung Pitu ataupun Kampung 7 yang didalamnya cuma boleh ditempati oleh 7 kepala keluarga. Keyakinan ini telah terdapat semenjak dulu serta dipercaya turun- temurun sampai saat ini, konon bila jumlah kepala keluarga di Kampung Pitu ini lebih dari 7 hingga kepala keluarga ke 8 hendak mengidap penyakit yang berujung kematian, juga bila jumlah kepala keluarga kurang dari 7 hingga hendak terdapat wabah penyakit yang hendak melanda segala penduduk Kampung Pitu sampai bisa berujung pada kematian. Seperti itu kenapa Kampung Pitu cuma boleh ditempati oleh 7 kepala keluarga tidak lebih serta tidak kurang, bila ada anak dari salah satu kepala keluarga menikah hingga dia hendak keluar dari Kampung Pitu serta menetap di dasar ataupun di lereng Gunung .

Buat mengarah puncak Gunung Api Purba Nglanggeran kamu wajib berjalan menyusuri jalur setapak dengan bebatuan yang lumayan menantang serta pasti saja dengan tanjakan yang cukup menghabiskan tenaga. Di sini kamu bisa melaksanakan bermacam kegiatan paling utama kegiatan adventure semacam hiking, camping serta panjat tebing maupun rock climbing.

Ayo liburan ke Yogyakarta bersama nandawisata dengan memilah paket wisata Jogja yang kami sajikan.

Paket Wisata

One Day 2D1N 3D2N 4D3N 5d4N

Please rate this

Tentang Kami

nandawisata.id

JL. WR. Supratman No. 211 Tambak Rejo Kec. Purworejo Kab. Purworejo Provinsi Jawa Tenga

081227968886

Paket Populer

×

Hello!

ada yang bisa kami bantu?

×