IKUTI
  • 5 bulan yang lalu / selamat datang di www.nandawisata.id kami siap melayani anda
Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran No ratings yet.

Oleh : adi - Kategori : Objek Wisata
6
Aug 2019

Bila selama ini orang berangkat ke pantai buat menikmati keelokan alam yang ditawarkan, maka anda akan memperoleh perihal yang lebih dari itu bila berkunjung ke pantai Ngobaran. Di pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata budaya serta sejarah juga dapat wisatawan dapatkan.

Ngobaran bukanlah pantai yang mempunyai garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih. Pantai ini berbentuk tebing yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Tebing karst yang berdiri gagah berpadu dengan deburan ombak pantai selatan menghadirkan panorama alam yang lumayan menawan. Bila air laut lagi surut, wisatawan dapat melihat hamparan rumput laut (alga) yang juga tidak kalah eksotis.

Daya tarik budaya serta sejarah, menjadikan Ngobaran begitu unik serta berbeda dari pantai yang lain di Kabupaten Gunungkidul. Di tepi tebing yang menghadap laut, ada bangunan menyamai pura. Di zona tersebut ada beberapa arca dewa bercorak putih serta tokoh semar. Di mari pula ada prasasti yang mengatakan komplek yang menyamai pura tersebut dibentuk sebagai tanda- tanda kalau pantai Ngobaran adalah letak moksanya Brawijaya V, generasi Raja Majapahit.

Dari cerita yang tumbuh di tengah warga setempat, pantai Ngobaran ini tempat pelarian Brawijaya V sehabis kawasan Majapahit mulai dikuasai Islam. Terdapat beberapa versi cerita mengenai keberadaan Brawijaya V di Ngobaran. Konon dikala lari dari Majapahit, di Ngobaran inilah Prabu Brawijaya V berpura- pura membakar diri. Langkah itu ditempuhnya sebab Brawijaya V tidak ingin berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak) yang sudah memeluk Islam. Namun terdapat pula cerita yang berkata kalau Prabu Brawijaya betul- betul membakar diri bersama seseorang istri yang diajaknya berangkat dari Majapahit.

Tidak hanya komplek yang menyamai pura, di sisi timurnya terdapat suatu bangunan yang menyamai candi. Tidak hanya itu terdapat pula bangunan masjid serta suatu bangunan joglo, yang kerap digunakan buat menggelar ritual tertentu.

Selaku suatu obyek wisata, sarana yang terdapat di Ngobaran lumayan lengkap. Di situ ada beberapa tempat makan, kamar mandi/ wc, serta parkiran yang luas.

Untuk masuk ke Ngobaran tiap wisatawan dikenakan tarif Rp. 5 ribu. Tidak hanya dapat menikmati Ngobaran, dengan tarif tersebut wisatawan juga dapat mendatangi pantai Ngrenehan serta Nguyahan.

Paket Wisata

One Day 2D1N 3D2N 4D3N 5d4N

Please rate this

Tentang Kami

nandawisata.id

JL. WR. Supratman No. 211 Tambak Rejo Kec. Purworejo Kab. Purworejo Provinsi Jawa Tenga

081227968886

Paket Populer

×

Hello!

ada yang bisa kami bantu?

×